Munculnya Stasiun Surat Kabar Radio Berita

Munculnya Stasiun Surat Kabar Radio Berita

Munculnya Stasiun Surat Kabar Radio Berita – Selama ratusan tahun, teknologi telah mengubah cara kita berkomunikasi. Jauh sebelum era siaran radio, satu-satunya cara untuk belajar tentang dunia adalah melalui surat, dan akhirnya surat kabar.

Namun, berita radio memperkenalkan umat manusia pada metode berbagi cerita dan informasi penting melintasi batas-batas geografis.

Sementara hari ini, Anda mungkin melihat radio sebagai cara untuk beristirahat dan bersantai dengan lagu favorit Anda, nilainya jauh lebih tinggi. Berkat radio berita, kita dapat mempengaruhi seluruh komunitas, menginspirasi massa, dan mendidik semua orang dengan waktu untuk berhenti dan mendengarkan.

Kapan radio berita dimulai?

Teknologi radio selalu ditujukan untuk mendukung transmisi informasi.

Perangkat radio pertama di dunia dirancang untuk berbagi informasi antar kapal di laut. Secara bertahap, mereka menjadi cara bagi orang-orang yang berperang untuk berkomunikasi dengan aman dan terjamin.

Masuk akal bahwa umat manusia pada akhirnya akan beralih ke radio untuk mendapatkan dosis berita harian mereka.

Radio berita adalah jenis “radio bicara” pertama – genre yang didedikasikan untuk percakapan dan pembaruan terkini, bukan musik dan hiburan. Penonton pertama kali mendengarkan siaran radio berita resmi adalah pada tahun 1916.

Penemu Lee DeForest-sering dirujuk untuk perannya dalam sejarah radio-berbagi informasi melalui radio tentang hasil kontes presiden antara Charles Evans Hughes, dan Woodrow Wilson.

Meskipun stasiun radio DeForest hanya dapat menjangkau sekitar 200 mil melintasi Kota New York, ribuan orang mendengarkan untuk mendengarkan. Empat tahun kemudian, ketika siklus pemilihan berikutnya dimulai, stasiun WWJ (sebelumnya 8MK) milik Detroit News menyelenggarakan acaranya sendiri.

Selain itu, radio yang berbasis di Pittsburgh, KDKA melaporkan kemenangan Warren Harding atas James Cox. Pada hari-hari berikutnya, stasiun tersebut menerima ratusan surat dan kartu pos dari pendengar, yang memberi tahu mereka bahwa mereka telah mendengarkan.

Menanggapi permintaan yang jelas untuk radio berita, KDKA menjadi stasiun radio komersial berlisensi pertama yang memproduksi program berita regulernya sendiri.

Sejarah radio berita dimulai dengan laporan tentang pemilihan presiden dan memungkinkan orang untuk belajar tentang politik, tanpa menunggu surat kabar dirilis.

Reporter radio berita resmi pertama di Amerika adalah seorang pria bernama Graham McNamee. Dia secara eksplisit dipekerjakan untuk melaporkan berita oleh stasiun unggulan WEAF AT&T.

McNamee memberikan liputan kampanye Demokrat dan Republik pada tahun 1924. Ia menjadi terkenal karena deskripsinya yang mendalam tentang peristiwa yang ditranskripsikan dalam lanskap politik.

Di AS dan di seberang lautan di Inggris, radio juga merupakan cara penting untuk mengumpulkan informasi tentang perang. Orang-orang di seluruh dunia akan duduk di dekat radio mereka untuk menunggu berita tentang bagaimana pertempuran berlangsung.

Sejak hari pertama, stasiun radio berita menjadi hit besar. Mereka mengubah cara orang menerima informasi dan memungkinkan kami mengakses detail lebih cepat dari sebelumnya.

Berita radio juga mengubah cara wartawan surat kabar melaporkan berita, memberi mereka lebih banyak ruang untuk mempelajari berita yang kompleks, daripada hanya melaporkan berita utama.

Dalam beberapa dekade mendatang, siaran berita terjadwal yang tak terhitung jumlahnya muncul di gelombang udara, disampaikan oleh merek seperti CBS, NBC, dan ABC.

Tetap terinformasi di AS

Tidaklah mengherankan bahwa radio berita dan stasiun penyiaran bincang-bincang asli mendapatkan popularitas di AS. Kebanyakan orang Amerika saat ini masih menggambarkan diri mereka sebagai konsumen aktif berita.

Menurut American Press Institute, 63% orang Amerika mengatakan bahwa mereka aktif mencari informasi dan berita. 59% lainnya mengatakan bahwa mereka secara teratur melihat berita beberapa kali per hari.

Terlebih lagi, 9 dari 10 orang Amerika percaya bahwa sangat penting bagi mereka untuk mengikuti berita terbaru di negara mereka, dan di seluruh dunia.

Sejak tahun 1920-an, stasiun radio berita telah menjadi bagian penting dari budaya Amerika. Selama beberapa dekade, siaran radio sangat penting untuk mendistribusikan hiburan dan informasi kepada khalayak nasional.

Di seluruh dunia, radio adalah teknologi “media massa” resmi pertama, yang mampu menjangkau ribuan, bahkan jutaan orang.

Setelah beberapa saat, banyak stasiun berita memutuskan untuk merangkul radio “semua berita”, mengabaikan transmisi hiburan dan musik lainnya sehingga mereka hanya dapat fokus menyampaikan berita kepada massa.

Saat ini, radio All-news masih tersedia dalam format internasional dan lokal. Namun, sebagian besar stasiun radio yang terkenal dengan berita radionya menggabungkan penyampaian informasi dengan program lain, untuk memastikan keragaman dalam siarannya.

Beberapa stasiun radio berita paling populer di AS saat ini di kota-kota lokal meliputi:

WINS-AM, New York

WCBS-AM, New York

KFI-AM, Los Angeles

WBBM-AM, Chicago

WTOP-FM, Washington

KCBS-AM, San Francisco