Pengenalan Tentang Inovasi Radio DAB Bagian 1

Pengenalan Tentang Inovasi Radio DAB Bagian 1

Pengenalan Tentang Inovasi Radio DAB Bagian 1 – Meskipun sudah ada selama bertahun-tahun, pertanyaannya, “Apa itu radio DAB?” masih umum sampai sekarang.

Lagi pula, banyak konsumen saat ini mendengarkan lagu dan program dari mobil dan radio rumah mereka tanpa benar-benar memikirkan bagaimana audio itu sampai ke mereka, atau dari mana asalnya.

Radio DAB atau radio “digital” mengubah gelombang udara seperti yang kita kenal.

Teknologi ini untuk radio FM dan AM seperti CD pada piringan hitam. Radio DAB memberikan kualitas suara yang baik, mengurangi derak dan distorsi, dan membuatnya lebih efisien bagi perusahaan untuk mengirimkan data ke pendengarnya.

Di sini, kita akan menelusuri sejarah radio DAB, dan apa arti inovasi ini bagi transformasi radio sebagai genre hiburan.

Inilah panduan Anda untuk audio DAB, dulu, sekarang, dan masa depan.

Apa singkatan dari DAB?

Mari kita mulai dengan pertanyaan yang paling jelas: “Apa kepanjangan dari radio DAB?”

DAB mengacu pada “Digital Audio Broadcasting” atau “Siaran Audio Digital.”

Ini adalah cara mentransmisikan informasi audio melalui format digital, bukan analog. Meskipun ada standar radio digital lain di luar sana, DAB adalah yang paling umum di Inggris.

Apa yang dimaksud dengan radio DAB?

Untuk membuat sinyal DAB, audio analog perlu dikonversi dan dikompres menggunakan format yang mirip dengan MP3 di iPod atau smartphone.

Banyak stasiun radio terkemuka di Inggris saat ini menyiarkan pada panjang gelombang analog dan DAB, untuk memberi pelanggan mereka lebih banyak kebebasan memilih.

Namun, ada juga saluran khusus digital di luar sana.

Bagi kebanyakan orang, radio DAB adalah alternatif yang nyaman dan mudah digunakan untuk radio analog. Setiap kali Anda mengaktifkan perangkat, perangkat secara otomatis memindai stasiun yang tersedia dan menyimpannya ke daftar putar potensial Anda.

Ini berarti Anda tidak perlu mengutak-atik tombol untuk menemukan program yang ingin Anda dengarkan.

Radio DAB juga hadir dengan tampilan yang nyaman hampir sepanjang waktu. Ini memberi pendengar informasi tentang nama stasiun, artis, dan lagu yang mereka dengarkan.

Menurut angka dari penelitian resmi pada tahun 2018, 47,6% dari mendengarkan radio masih terjadi pada panjang gelombang AM/FM. Namun, masa depan radio DAB terlihat cerah, dengan saluran tersebut menghasilkan 38,1% pendengar.

Terlepas dari potensinya yang jelas, radio DAB menghadapi banyak persaingan saat ini. Bukan hanya streaming online dan podcast yang menghadirkan tantangan bagi format DAB.

Masih banyak pendengar yang lebih memilih stasiun FM/AM mereka, meskipun keandalan DAB telah ditingkatkan.

Sejarah radio DAB

Sejarah radio DAB untuk Inggris dimulai pada tahun 1990 ketika British Broadcasting Corporation (BBC) mulai melakukan eksperimen rekayasa DAB dari stasiun Crystal Palace.

Baru pada tahun 1995 BBC mengaktifkan layanan DAB mereka untuk pertama kalinya, mentransmisikan BBC1, 2, 3, 4, dan 5 Live di seluruh wilayah London.

Dengan menggunakan jaringan frekuensi tunggal, BBC menemukan bahwa ia mampu memperluas jangkauan stasiun radionya menjadi sekitar 85% dari populasi Inggris pada tahun 2004. Meskipun radio DAB tidak langsung sukses.

Faktanya, penyerapannya sangat lambat. Menambahkan penerima radio DAB ke mobil sangat mahal dan orang-orang terutama lebih suka tetap menggunakan stasiun FM lama mereka yang bagus.

Misalnya, salah satu perusahaan pertama yang membuat tuner radio digital adalah spesialis audiophile Arcam, sebuah perusahaan yang meluncurkan produknya dengan harga sekitar £700. Penerima tidak hanya mahal, tetapi hanya menangkap sekitar 10 stasiun.

Pada tahun 2001, sebuah chip pemrosesan baru berarti bahwa radio digital dapat dikembangkan dengan lebih hemat biaya. Merek “Pure” merilis salah satu radio DAB pertama yang ramah anggaran dengan harga kurang dari £100 pada tahun 2002.

Titik harga yang rendah mulai menarik perhatian konsumen baru. Terlebih lagi, karena jumlah stasiun radio digital yang tersedia mulai berkembang dengan kecepatan tetap, pelanggan melihat lebih banyak alasan untuk beralih.

Saat ini, Inggris memiliki jaringan radio digital paling signifikan di dunia. Selain itu, harga rata-rata radio DAB telah turun secara bertahap. Model termurah saat ini seringkali berharga kurang dari £ 20.

Bahkan pemerintah Inggris telah mengambil langkah untuk mendorong adopsi radio DAB secara luas.

Pada tahun 2009, pemerintah merekomendasikan beralih ke DAB dalam sebuah laporan resmi dan mengklaim bahwa mereka akan melakukan “pengalihan” pada tahun 2015. Namun, rencana ini telah tertunda beberapa kali selama bertahun-tahun.