Radio Pertanian Komunitas Aids Internasional di Afrika

Radio Pertanian Komunitas Aids Internasional di Afrika – Pada tahun 2016, Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) merilis laporan yang menyatakan bahwa sebagian besar orang miskin dunia adalah petani skala kecil yang tinggal di daerah pedesaan. Tanpa upaya yang ditargetkan untuk meningkatkan kehidupan para petani pedesaan ini, “penghapusan kemiskinan pada tahun 2030 tidak mungkin dilakukan.” Untungnya, banyak organisasi berkomitmen untuk upaya yang ditargetkan ini. Misalnya, Bill and Melinda Gates Foundation mendukung penelitian tentang tanaman tahan kekeringan dan banjir yang tahan terhadap tantangan lingkungan. Selain itu, yayasan tersebut mendukung inisiatif Program Pangan Dunia (WFP) untuk membeli hasil berlebih dari petani skala kecil. Ini memberi petani sumber pendapatan dan memungkinkan WFP untuk memberikan bantuan makanan lebih cepat karena pasokan mereka lokal. Bersamaan dengan bentuk-bentuk bantuan ini, sebuah LSM Candian, Farm Radio International menggunakan radio, alat yang sangat mudah diakses dan efektif, untuk memberikan informasi penting yang diarahkan pada pengembangan masyarakat.

Farm Radio Internasional

Farm Radio International memfokuskan upayanya pada komunitas pedesaan di Afrika. Ini telah mengembangkan mitra penyiaran di 41 negara Afrika dan memiliki lebih dari 100 mitra yang bekerja pada proyek radio di 11 negara di Afrika. Di komunitas pedesaan ini, radio seringkali menjadi sumber informasi utama bagi petani skala kecil. Farm Radio International mengakui jalur komunikasi utama ini dan telah menghabiskan 40 tahun terakhir mengembangkan sumber daya radio, teknologi, dan proyek yang berkomitmen untuk menyediakan informasi pembangunan bagi komunitas pertanian pedesaan yang miskin di seluruh Afrika.

Radio adalah alat yang luar biasa untuk pengembangan karena berbagai alasan. Ini tersebar luas dan dapat diakses — radio dapat menjangkau miliaran orang setiap tahun, bahkan komunitas pedesaan, dan dapat melakukannya dalam bahasa asli mereka. Radio murah dan nyaman. Karena portabel, pendengar dapat bekerja atau bepergian sambil mendengarkan program radio. Radio juga sering interaktif, memungkinkan pendengar untuk menelepon dan mengajukan pertanyaan atau memberikan umpan balik kepada penyiar. Terakhir, radio mampu memberikan informasi dengan cepat, sehingga penting untuk situasi darurat.

Farm Radio International tidak hanya mengakui kegunaan radio, tetapi juga berupaya membuat radio seefektif dan seefektif mungkin melalui tiga program: Sumber Daya Radio, Inovasi Radio, dan Proyek Radio.

Sumber Daya Radio

Radio Resources berfokus untuk menjadikan penyiar dan stasiunnya sebaik mungkin bagi petani skala kecil. Ini memberikan pelatihan dan paket untuk penyiar untuk membantu mereka meningkatkan stasiun mereka dan menghubungkan penyiar untuk memfasilitasi diskusi online. Radio Resources juga menyampaikan berita yang relevan kepada petani skala kecil.

Inovasi Radio

Radio Innovations mengembangkan teknologi baru yang membuat radio lebih interaktif dan menjadi kebutuhan pokok dalam komunitas ini. Ini menggunakan teknologi baru untuk menghubungkan pemirsa dan penyiar. Misalnya, ia mengembangkan peringatan pesan teks untuk memberi tahu petani ketika saatnya untuk mendengarkan siaran. Proyek ini bekerja untuk membuat berbagai macam program yang memiliki dampak sebesar mungkin seperti serial memasak, serial drama, strategi pengembangan petani, dan nasihat cuaca.

Proyek Radio

Radio Projects menggunakan penelitian dan konsultasi di lapangan untuk mengembangkan program radio yang menargetkan kebutuhan khusus di masyarakat. Beberapa topik Proyek Radio meliputi:

Pertanian: Pertanian mengeksplorasi praktik pertanian terbaik dan cara untuk mencegah, mengendalikan, dan menyingkirkan hama, seperti ulat grayak.

Kelestarian Lingkungan: Kelestarian Lingkungan mengajarkan praktik berkelanjutan seperti membajak di lereng, menanam tanaman penutup tanah dan bagaimana membangun batas batu yang mencegah limpasan dan erosi tanah.

Kesetaraan Gender: Kesetaraan Gender menangani kebutuhan khusus perempuan. Misalnya, satu program berusaha untuk mengurangi kematian ibu dan bayi dengan memfasilitasi percakapan tentang nutrisi yang tepat dan mengatasi tabu budaya tentang menyusui.

Kesehatan dan Gizi: Kesehatan dan Gizi mendidik tentang tanaman bergizi dan cara menanamnya, seperti ubi jalar. Selain itu, mendorong konsumsi tanaman bergizi lokal dan ternak, seperti teff, sorgum dan ayam mutiara.

Farm Radio International bekerja secara langsung dengan komunitas dan petani individu. Misalnya, di Ghana, Farm Radio International memulai program radio yang menangani kekurangan gizi kronis yang ditemukan di negara tersebut. Program-program ini mendidik petani tentang perubahan perilaku yang murah dan sangat efektif untuk meningkatkan hasil.

Seorang pria, Peter Bongkumum, menjelaskan dampak Farm Radio International; Ia sekarang menggunakan strategi seperti menanam dalam barisan, menggunakan pupuk dan mengurangi jumlah benih di setiap lubang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih murah.

Bongkumum berkata, “Saya sangat senang dan sangat bangga dengan diri saya dan pertanian saya… Saya menggunakan hasil dan pendapatan yang lebih tinggi untuk membayar biaya sekolah saya, karena saya melakukan kursus pembelajaran online tentang pendidikan.” Farm Radio International mengangkat petani skala kecil, sebuah kelompok yang secara tidak proporsional terkena dampak kemiskinan global, dengan memberikan informasi dan sumber daya langsung ke tangan mereka. Melalui intervensi seperti ini, pengurangan kemiskinan global dapat dicapai.